Pendampingan Assessmen Pembelajaran Pada KURMER Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar
Peserta Didik di SMAN 1
Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai dengan kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan peserta didik yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan; untuk membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat; mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik; relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan, dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan komunitas sebagai mitra; serta berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.
Assessmen atau yang disebut juga dengan penilaian adalah suatu penerapan atau penggunaan dalam berbagai cara dan alat guna mendapatkan serangkaian informasi mengenai hasil dari pembelajaran serta pencapaian kompetensi dari peserta didik. Pada dasarnya, assessment merupakan suatu istilah lain dalam penilaian. Istilah Assessmen sangat berkaitan erat dengan istilah evaluasi yang merupakan metode dalam mendapatkan hasil belajar dari siswa. Sehingga proses assessmen ini dilaksanakan denga tujuan agar dapat mengetahui sejauh mana presatasi belajar dari para peserta didik. Tak hanya itu definisi lain dari assesmen merupakan suatu proses dalam memperoleh data atau informasi dari proses pembelajaran serta memberikan umpan baik terhadap guru maupun kepada peserta didik.
Pentingnya assesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka, maka SMA Negeri 1 Malang telah mengadakan Pendampingan assessmen pembelajaran pada kurikulum merdeka untuk merningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Malang dengan narasumber Dr. Kusnohadi, M.Pd Beliau adalah seorang Widyaiswara Ahli Madya LPMP Jawa Timur. Pendampingan ini diikuti oleh seluruh staf pengajar di SMA negeri 1 Malang dan perwakilan sekolah imbas (SMA Corjesu, SMA Taman Harapan, SMA Baiturachman, SMA Taman Dewasa, SMA Islam Malang).
Workshop ini diharapkan sebagai bahan evaluasi dari metode assessmen kepada peserta didik yang selama ini telah dilaksanakan pada kurikulum merdeka. Perbaikan untuk meningkatkan prestasi belajar di SMA Negeri 1 Malang yang sesuai dengan karakteristik dari Kurikulum Merdeka yakni Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah tujuan utama dari proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Malang ini. (ratna_humassmansa)