• Sejarah sekolah ini dimulai sejak zaman penjajahan Belanda berpuluh-puluh tahun yang lalu dan waktu itu masih belum dikenal sebagai SMA Negeri 1 Malang sebagaimana layaknya sekarang.

  • Dispenda TAX Goes To School - Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang menghelat kegiatan Tax On School di kompleks SMA Tugu, Sabtu (14/3/2015) siang. Acara ini diadakan untuk mensosialisasikan tentang perpajakan yang ada di Pemkot Malang.

  • Ibarat kompetisi kakang dan mbakyu, belasan remaja mengenakan pakaian keraton melenggak-lenggok berpasangan di Aula SMA Tugu. Mereka adalah para putra putri Mitreka Satata (MISA) SMAN 1 Malang.

  • NEVASCA 2015 puncak acara HUT Ultah SMAN 1 Malang ke 65

SEJARAH SMA NEGERI 1 MALANG

Sejarah sekolah ini dimulai sejak zaman penjajahan Belanda berpuluh-puluh tahun yang lalu dan waktu itu masih belum dikenal sebagai SMA Negeri 1 Malang sebagaimana layaknya sekarang.

Masa Penjajahan Belanda

Sejak zaman penjajahan Belanda, Malang adalah salah satu kota di Indonesia yang memiliki Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Pada masa itu Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang diperuntukkan bagi bangsa Indonesia adalah, dalam bahasa Belanda AMS (Algemeene Middelbare School). Sedangkan bagi bangsa Belanda dan Eropa disebut sebagai, dalam bahasa Belanda HBS (Hogere Burger School). Kedua Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ini ditutup pada masa pendudukan Jepang di kurun waktu 1942 - 1945.

Masa Pendudukan Tentara Jepang

Sejak tahun 1942, kota Malang tidak segera mempunyai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.[1] baru pada tahun 1944 didirikan Sekolah Menengah Tinggi (SMT) oleh Kepala Pemerintahan Umum Tentara Pendudukan Jepang. Yang menjadi guru pada waktu itu adalah Raspio yang berhasil menghimpun sebanyak 90 orang anak laki-laki dan perempuan yang dijadikan dua kelas.

Sekolah ini beralamatkan di jalan Celaket No. 55, Malang, dimana nantinya ia menjelma menjadi SMA Kristen Cor Jesu, yang sekarang beralamatkan di jalan Jaksa Agung Suprapto No. 55, Malang. Di SMT ini hanya tiga orang yang berstatuskan sebagai guru tetap, yaitu Sardjoe Atmojo, Goenadi dan Abdoel Aziz.

Read More

contact us

Jl Tugu Utara No. 1 Malang
Jawa Timur
Indonesia

Call Us: +62 341-366453

 

latest tweets

May 28 (2 days ago)
RT @osismisa: Innalillahi wainnailai ra'jiun, telah berpulang ke rahmatullah Bapak Halik Basoni, Semoga amal ibadahnya diterima Aamiin ..
May 21 (10 days ago)
Met pagi gmn kbr kalian ? beberapa hari lagi kelas XII mau wisuda...mau memories @TheNevasca2015 https://t.co/5mcSpKBRoc
May 20 (10 days ago)
Saya menambahkan video ke daftar putar @YouTube http://t.co/DGiSQZNOzQ THE NEVASCA 2015 “A Land Full Of Wonder”
May 20 (10 days ago)
@osismisa @TheNevasca2015 2015 “A Land Full Of Wonder” https://t.co/vRfNvdqaM0